Minggu, 13 Maret 2011

Ruang Dekompresi

Secara sederhana dekompresi dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan medis dimana akumulasi nitrogen yang terlarut setelah menyelam membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta system syaraf. Akibat dari kondisi tersebut maka timbul gejala yang mirip sekali dengan stroke, dimana akan timbul gejala-gejala seperti mati rasa (numbness), paralysis (kelumpuhan), bahkan kehilangan kesadaran yang bisa menyebabkan meninggal dunia.

Sedangkan ruang dekompresi adalah bejana tekanan dalam bentuk kapal yang digunakan dalam permukaan menyelam disediakan untuk memungkinkan para penyelam untuk menyelesaikan dekompresi berhenti di akhir menyelam di permukaan daripada di bawah air.
Hal ini menghilangkan banyak risiko decompressions panjang di bawah air, dalam kondisi dingin atau berbahaya.

Sering kali istilah “dekompresi ruang”, “recompression ruang” dan “ruang terapi oksigen hiperbarik” banyak digunakan . Nama mencerminkan tujuan yang berbeda tapi kegunaanya sama.

1. Ruang recompression digunakan untuk mengobati penyelam yang menderita penyakit menyelam tertentu seperti penyakit dekopresi.


2. Ruang terapi oksigen hiperbarik digunakan dalam konteks rumah sakit atau olahraga untuk mengobati pasien yang kondisinya mungkin manfaat dari perawatan oksigen hiperbarik, termasuk penyelam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar